Minggu, 12 Februari 2012

postheadericon Tampil Cantik dengan Senyum Menawan di Hari Pernikahan


Penulis:
Eka Erwansyah,
Dokter Gigi Spesialis Ortodonti.


Bertahun-tahun setelah menikah, biasanya  orang suka melihat-lihat kembali album  pernikahannya. Terkadang kita melihat ada kejanggalan pada sikap pengantin dalam foto-foto tersebut misalnya senyum yang tertahan atau berbicara sambil menutup mulut. Rupanya hal tersebut terjadi akibat   ingin menghindari rasa malu akibat perawatan yang buruk  pada gigi kita  atau justru karena belum mendapatkan perawatan sama sekali.
Saat ini, mulai timbul trend baru dalam masyarakat pada pasangan yang merencanakan akan menikah. Mereka  berusaha mendapatkan senyum yang menawan khususnya dihari pernikahan. Mereka menjalani perawatan di selah-selah persiapan acara lainnya. Perawatan gigi kosmetik saat ini,   memiliki banyak pilihan jenis perawatan dengan biaya yang bervariasi dan jadwal perawatan yang dapat disesuaikan dengan waktu yang tersedia sebelum acara pernikahan.



Tampil cantik dengan senyum menawan di hari pernikahan, akan dikenang seumur hidup. Menerima dan menyapa tamu dengan senyum terindah. Gambaran ini dapat dipersiapkan secara bertahap jauh-jauh hari.

Tahapan/pilihan perawatan dari waktu ke waktu sesuai jadwal:
2-3 tahun sebelum acara pernikahan
Mereka yang menyadari adanya masalah di wajah yang berhubungan dengan keselarasan posisi gigi yang cukup parah seperti gigi berjejal , gigi maju atau gigi bercelah, dapat  menjalani perawatan ortodontik (kawat gigi).

10-18 Bulan sebelum acara
Periode waktu ini sangat cocok untuk menjalani restorasi mulut yang lengkap seperti penggantian gigi yang hilang dengan gigi implan, atau dengan gigitiruan mahkota dan jembatan. Periode  ini juga merupakan waktu yang cukup  untuk menjalani perawatan ortodontik pada kasus-kasus yang ringan.

3-5 Bulan sebelum acara
Pada periode ini, digunakan untuk mengganti tambalan gigi dan mahkota yang tidak estetik atau membuat yang baru. Periode ini juga saat yang tepat untuk menjalani terapi laser (electrosurgery) guna mendapatkan gusi yang cantik.  Terapi periodontal (jaringan penyanggah gigi) dilakukan secara menyeluruh. Periode ini merupakan waktu terbaik untuk memulai sesi scaling dan root planing (bagi mereka yang tidak berlatih secara teratur) termasuk instruksi kebersihan mulut.

1-2 Bulan sebelum acara
Waktunya untuk perbaikan setiap masalah estetika yang   belum ditangani. Penutupan celah antar gigi menggunakan bahan luminers atau komposit. Pemutihan gigi (bleaching) dapat dilakukan di rumah dengan dipandu oleh dokter gigi. Penggantian mahkota gigi yang sudah usang. Begitu pula penggantian tambalan dengan yang   baru yang sewarna dengan gigi. Mempertahankan gusi sehat dengan perawatan sehari-hari merupakan tindakan yang paling penting saat ini.

1-2 minggu sebelum acara
Waktu untuk menyelesaikan restorasi gigitiruan berupa penyemenan mahkota permanen dan gigitiruan jembatan. Perbaikan masalah estetik menggunakan komposit. Penggantian tambalan tua dengan restorasi estetik yang sewarna gigi. Pemutihan  gigi  di praktek dokter gigi.
Saat ini biasanya stres mulai muncul, oleh karena itu, menjadi penting untuk melakukan kebersihan mulut yang sempurna.

Hari
-1 s/d -3
Tindakan terakhir yang dapat dilakukan adalah perawatan  estetik  menggunakan komposit dan pemutihan gigi di praktek dokter gigi. Tindakan untuk meningkatkan dan menjaga kebersihan mulut (prosedur kontrol plak) serta memoles gigi.

Hari
H
Kenakanlah senyum Anda yang paaaling cantik ...

1 komentar:

endang yatim mengatakan...

Tulisan dokter sangat bermanfaat sekaligus menjadi bahan acuan bagi masyarakat yang awam tentang masalah kesehatan gigi dan gusi akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan gusi sejak usia dini.
dan yang terpenting melakukan konsultasi/kontrol pada Orthodontic jika mengalami masalah pada kesehatan gigi dan gusi

Buku Tamu


Kirim pesan ke no kontak kami di: 0811414098

Pembayaran via transfer Bank

Website counter
free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Web design by: Zhy8