Minggu, 12 Februari 2012

postheadericon Menyempurnakan Bentuk Wajah dengan Kawat Gigi



Penulis:
Eka Erwansyah,
Dokter Gigi Spesialis Ortodonti.

Pertanyaan:
Maaf Dokter, mau tanya. Anak saya perempuan, umur 10 tahun terlihat wajahnya tongos. Kata orang, wajahnya bisa diubah dengan kawat gigi ya, Dok? mohon penjelasannya. Trims...
Ibu Mia.

Pertanyaan  Ibu Mia menggambarkan orang tua bijak yang memikirkan masa depan putrinya. Penampilan wajah dan daya tarik seseorang  dapat berpengaruh pada berbagai aspek personal, profesional dan kehidupan sosialnya. Aspek personal berhubungan dengan rasa percaya diri, aspek profesional berhubungan dengan lapangan pekerjaan dan aspek kehidupan sosial berhubungan dengan pergaulan sehari-hari. 
Dalam bahasa bijak dapat dikatakan bahwa senyum mempengaruhi penampilan, senyum mempengaruhi pergaulan, oleh karenanya senyum mempengaruhi masa depan. Bentuk wajah dan senyum sangat dipengaruhi oleh susunan dan kedudukan gigi geligi serta bentuk dan ukuran rahang.
Untuk menjawab pertanyaan Ibu Mia di atas, diperlukan penjelasan yang cukup luas. Oleh karena itu, kami menyajikan penjelasan dalam bentuk tanya jawab sederhana.
1.   Apa yang disebut perawatan orthodonti?
Perawatan ortodonti atau perawatan merapihkan gigi merupakan perawatan yang meliputi perbaikan posisi gigi-geligi dan rahang yang tidak harmonis dengan menggunakan alat orthodonti lepasan ataupun cekat (behel).

2. Apa tujuan dan  manfaat memakai kawat gigi??
Tujuan memakai kawat gigi atau perawatan ortodonti adalah  mengubah susunan dan kedudukan gigi-geligi serta posisi dan ukuran rahang.
Manfaat:   mendapatkan hubungan gigi-geligi  yang stabil, perbaikan pengunyahan, keseimbangan otot dan keserasian estetika (kecantikan) wajah yang harmonis. Secara umum perawatan ortodonti bermanfaat memperbaiki kehidupan pasien dengan mengatasi kesulitan psikososial yang berhubungan dengan penampilan wajah dan gigi.

3.      Apakah perawatan ortodonti selalu memakai kawat gigi?
 Perawatan ortodonti sering dikatakan dalam bahasa sederhana sebagai perawatan behel atau perawatan kawat gigi. Namun sesungguhnya perawatan ortodonti tidak selalu menggunakan behel ataupun kawat gigi. Pencabutan gigi secara bertahap dan terencana (pencabutan serial)   merupakan salah satu bentuk perawatan ortodonti tanpa menggunakan kawat gigi.
4.      Bagaimana cara perubahan wajah dengan perawatan ortodonti?
Ada 3 cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan wajah yang harmonis melalui perawatan ortodonti, yaitu:
a.    Modifikasi pertumbuhan rahang
Rahang yang pertumbuhannya kurang, dipacu pertumbuhannya. Rahang yang terlihat tumbuh berlebih, dikendalikan pertumbuhannya. Perawatan  umumnya menggunakan alat ortodonti lepasan. Untuk menyempurnakan hasil perawatan,  biasanya dilanjutkan   dengan alat ortodonti cekat (behel). Oleh karena itu prosedur ini sering dikatakan sebagai perawatan ortodonti dua tahap.
b.   Secara kompromi
Bila sudah tidak mungkin dilakukan modifikasi rahang, maka perawatan dilakukan dengan prinsip kompromi. Artinya rahang tidak diubah tetapi kedudukan gigi diubah agar bentuk wajah ikut berubah. Biasanya terlebih dahulu dilakukan pencabutan gigi.
c.    Secara kombinasi ortodonti dan tindakan pembedahan rahang (bedah ortognati)
Pada kasus penyimpangan rahang yang parah, perubahan bentuk wajah tidak cukup hanya dengan perawatan ortodonti kompromi. Pada kasus seperti ini, perlu disertai dengan pembedahan rahang.

5.      Apakah ada persyaratan usia pasien?
Iya ada. Modifikasi pertumbuhan rahang umumnya efektif dilakukan pada usia 9-12 tahun untuk perempuan dan 9-14 tahun untuk laki-laki. Lebih singkat, mereka yang belum puber.
Perawatan Ortodonti Kompromi dilakukan setelah datangnya masa puber yaitu umumnya setelah 12 tahun untuk perempuan dan 14 tahun untuk laki-laki.
Perawatan bedah ortognati dilakukan setelah pertumbuhan rahang berhenti. Umumnya setelah usia 18 tahun.


Perubahan wajah dengan modifikasi pertumbuhan rahang. Rahang bawah dipacu pertumbuhannya, rahang atas dikendalikan pertumbuhannya.





Keserasian wajah dicapai melalui perawatan ortodonti kompromi. Pencabutan  4 gigi geraham kecil di masing-masing sisi membuat rahang dapat menampung gigi-gigi dengan baik, wajah pun jadi berubah akibat mundur bibir seiring mundurnya gigi.

Pada  kasus dibawah ini, panjang rahang bawah yang berlebihan, bila dirawat   hanya perawatan ortodonti saja, akan sulit dicapai hasil estetik yang memuaskan. Oleh karena itu, perubahan  wajah  pada kasus seperti ini, perlu dikombinasi dengan tindakan bedah rahang.
       
6.       Gambaran perbandingan biaya ketiga  cara perawatan diatas?
Perawatan secara kompromi paling murah dibanding perawatan modifikasi pertumbuhan dan perawatan dengan pembedahan. Perawatan ortodonti kompromi berkisar antara 4-25 juta, tergantung berat ringan kasus dan besar biaya produksi masing-masing tempat perawatan.  Harga behelnya sendiri umumnya relatif sama.
Biaya perawatan modifikasi rahang sama dengan perawatan kompromi (sebagai fase 2) tetapi ditambah biaya perbaikan rahang ( fase 1) biasanya berkisar antara 1-3 juta.
Biaya perawatan ortodonti kombinasi bedah rahang paling mahal karena melibatkan prosedur rumah sakit yang ketat. Biayanya berkisar antara 40-50 juta.

7.       Yang mana pilihan terbaik?
Dari segi biaya, maka perawatan secara kompromi paling menguntungkan karena relatif ringan. Namun perawatan ortodonti kompromi hanya mengubah dan memperbaiki susunan gigi, tidak memperbaiki penyimpangan rahang.
Dari segi perawatan, maka perawatan modifikasi rahang dan perawatan ortodonti kombinasi bedah lebih baik daripada ortodonti kompromi, karena kedua jenis perawatan ini memperbaiki susunan gigi serta ukuran dan posisi rahang.
Dari segi perkembangan psikologis penderita, perawatan modifikasi rahang paling baik karena perawatan dimulai dan diakhiri pada usia muda, sehingga pasien dalam usia-usia berikutnya khususnya saat remaja memiliki kepercayaan diri dalam pergaulan sehari-hari. Berbeda dengan  jenis perawatan ortodonti kompromi dan perawatan kombinasi bedah. Pasien  yang menjalani perawatan dengan cara ini, biasanya telah mengalami kendala pergaulan (minder) yang telah berlangsung lama sehingga  baru mencari perawatan di usia remaja bahkan dewasa.




12 komentar:

Siska Meilani mengatakan...

Dok saya siska, umur 15 tahun.
Gigu saya rapih tp rahang atas saya maju jd bibir saya ikut maju, seakan monyong. Pertanyaannya:
Apa bisa keluhan sprti saya diperbaiki dgn behel konvensional? Atau adakah saran behel dari dokter?
Trimakasih

Siska Meilani mengatakan...

Dok saya siska, umur 15 tahun.
Gigi saya rapih tp rahang atas saya maju jd bibir saya ikut maju, seakan monyong. Pertanyaannya:
Apa bisa keluhan sprti saya diperbaiki dgn behel konvensional? Atau adakah saran behel dari dokter?
Trimakasih

Farida Dwi Aryati mengatakan...

Dok
Saya mahasiswa 20 tahun. Sebenarnya saya tidak ada masalah dengan gigi saya karena saya sering periksa ke dokter gigi kalo gigi saya bagus. Tapi masalah saya satu dok, pipi saya besar sebelah, mungkin gara-gara posisi rahang atau tumbuhnya rahang yang tidak seimbang. Apakah keluhan seperti ini bisa diperbaiki dengan ortodonti yah dok? Terimakasih sebelumnya

Farida Dwi Aryati mengatakan...

Dok
Saya mahasiswa 20 tahun. Sebenarnya saya tidak ada masalah dengan gigi saya karena saya sering periksa ke dokter gigi kalo gigi saya bagus. Tapi masalah saya satu dok, pipi saya besar sebelah, mungkin gara-gara posisi rahang atau tumbuhnya rahang yang tidak seimbang. Apakah keluhan seperti ini bisa diperbaiki dengan ortodonti yah dok? Terimakasih sebelumnya

Algisna Suciara S.M mengatakan...

Dok rahang sebelah kiri rasa bergeser. Jika sedang makan sering terdengar suara benturan tulang rahang, terasa sakit juga. Apakah dengan memasang behel dapat memulihkan kembali rahang saya ke bentuk semula?

TIWI TIWI mengatakan...

Dok gigi saya bentuknya sudah rapi. Tidak ada gigi berjejal atau gigi renggang. Tetapi gigi saya yang atas tonggos (maju beberapa cm),susunan akarnya miring2 ke depan. Mungkin karena saya dulu ngempong sampe usia 12 tahun.
Kalo mau pasang behel, kira2 butuh berapa tahun ya ?

Unknown mengatakan...

Dok saya seorang pelajar umur 17 tahun sebenarnya tidak ada masalah pda gigi saya tapi saran teman saya bilang kalau muka bulat dan pipi tembem bisa diatasi dg menggunakan behel bisa tirus apakah itu benar dok

Unknown mengatakan...

Dok,saya pelajar umur 14 tabun,masalah saya rahang bawah panjangnya beelebihan dan susunan gigi tidak beraturan, apa bisa menjadi normal seperti semula kembali

Happy jam mengatakan...

Dok saya adel umur 13 mau 14 tahun
Gigi saya pas saya kecil rapi banget tapi pas udah tumbuh semua gigi saya saling bertindih dan gingsul , banyak yang saran pakek behel sih
Yang jadi masalahnya bibir saya itu miring pas ngomg , tertawa , senyum dll ,itu membuat saya minder apakah itu pengaruh rahang ?? Mohon jawaban nyw dokter

Unknown mengatakan...

Dokter saya ai umur saya 18 tahun, jadi dagu saya itu sangat maju dokter, dan skrg saya memakai behel apakah itu membantu untuk memundurkan? Mohon jawabannya dokter:)

Rani cy mengatakan...

Dok saya rani umur saya 14 thn gigi saya yang atas tidak rata,ada yang maju dan ada yang mundur.dan pipi saya itu tirus bgt kalo di kasih behel makin tirus nggak ya dok?ditunggu jawabanya dokter

Akubhak mengatakan...

Dok, saya seorang pelajar berumur 13 tahun. Rahang saya miring lebih ke kanan, dan rahang saya yg kiri menjadi lebih tirus. Dan muka saya menjadi aneh karena miring. Kira kira apa solusinya ya dok? Dan kira kira klo seperti itu apakah nanti saat besar akan semakin parah atau akan sembuh sendiri?

Buku Tamu


Kirim pesan ke no kontak kami di: 0811414098

Pembayaran via transfer Bank

Website counter
free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Web design by: Zhy8